Mari Mengenal Istilah yang Terdapat Pada Air


Seberapa taukah sobat mengenai air?

Assalamualaikum
hay sobat sobat semuanya. Naaah biasanya saya sering update postingan mengenai free download film. Kali ini saya akan merubah genre postingan saya sedikit nih. Dalam postingan kali ini saya ingin mereview kembali materi materi yang telah  saya dapatkan saat di perkuliahaan. Kebetulan materi yang saya ingat saat ini mengenai Air. Tapi sebelumnya saya ingin sedikit memberikan informasi bahwa saya akan mereview mengenai air dalam bahan pangan karena saya sendiri merupakan mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian yang terjun di dunia pangan. Ayuk kita mulai saja. Check it Out

Air merupakan komponen terpenting penyusun makhluk hidup sekitar 75% dari tubuh makhluk hidup tersusun atas air dengan begitu air mempunyai peranan yang penting dalam membantu reaksi reaksi metabolime dalam tubuh kita. Air mempunyai peranan sebagai pengangkut bahan bahan yang akan dibutuhkan dalam reaksi metabolisme. Pada tanaman air juga berfungsi sebagai kompenen penting dalam melakukan reaksi fotosintesis.

Pada saat buah pada suatu tanaman di panen air juga mempunyai peranan penting dalam proses respirasi (pematangan) serta menentukan kemampuan daya simpan, tekstur, warna serta rasa dari buah tersebut.

Lalu apakah pengertian molekul air?
Menurut saya, molekul air adalah reaksi antara 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen melalui ikatan kovalen yang mana masing-masing molekul mempunyai energi sebesar 110,2 Kal per Mol.

Apa saja sifat air?
Sifat air ada banyak sih, tapi saya coba rangkum saja deh. Nah menurut pengetahuan saya sifat air dapat dikelompokkan menjadi 4 yakni:
  • Effloresensi dimana air mempunyai sifat mudah hilang, hanyut dan mengkristal saat direaksikan dengan senyawa lain.
  • Deliguensi dimana sifat air sebagai penambah serta pengurangan rasa.
  • Aromatensi dimana sifat air sebagai pemberi aroma.
  • Sifatisme dimana sifat air mudah terserap, larut atau tidak larut. mengandung unsur kimia makro dan mikro mineral.
Apa saja jenis jenis dalam air pangan?
kalau menurut apa yang saya pelajari bahwasanya jenis air dalam bahan pangan ada 3 yakni:
  1. Air bebas adalah air yang berikat dengan jaringan sel, dan ketika dilakukan pemanasan dengan bertujuan untuk penentuan kadar air hanya air ini saja yang terlepas dari bahan.
  2. Air terikat adalah air yang berikatan langsung dengan membran sell.
  3. Air hidrasi adalah air yang berikatan secara ikatan kimia.

Nah itu dulu pengenalan mengenai airnya sebenarnya masih banyak lagi tetapi saya tidak dapat  mengungkapkan semuanya saat ini.. heheh
Akhir postingan saya mengucapkan.
Wassalamualaikum

Salam pangan..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berikan komentar yang baik dan sopan serta jangan SPAM!