MSDS Alkohol


Lembar Data Keselamatan Bahan
Etanol, Absolute
MSDS Nomor: M1004
Efektif Tanggal: 2004/08/23
MSDS Nama: Etanol, Absolute
Sinonim: Etil Alkohol; Etil Alkohol anhidrat; Etil Hidrat; Hidroksida Etil; Alkohol Fermentasi;
Grain Alkohol
Perusahaan Identifikasi: VEE GEE Ilmiah, Inc
13600 TL 126 Pl Ste A
Kirkland, WA 98034
Untuk informasi di Amerika Utara : hubungi: 425-823-4518
Komposisi, Informasi tentang Bahan:
Produk Kimia dan Identifikasi Perusahaan
CAS #: 64-17-5
Nama kimia: Etanol
Persen: ca. 100
EINECS / ELINCS: 200-578-6
Simbol bahaya: F
Risiko Phrases: 11
Identifikasi Bahaya
Tampilan: cairan bening tak berwarna. Titik Nyala: 16,6 deg C. Peringatan: Zat cair mudah terbakar dan uap. Menyebabkan gangguan saluran pernapasan. Dapat menyebabkan pusat sistem saraf depresi. Menyebabkan gangguan mata berat. Zat ini menyebabkan efek reproduksi dan janin pada manusia. Menyebabkan kulit iritasi. Dapat menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan kerusakan jantung.
Organ target: Ginjal, jantung, sistem saraf pusat, hati.
Potensi Efek Kesehatan
Kontak Mata: Menyebabkan gangguan mata. Dapat menyebabkan kepekaan terhadap cahaya. Dapat menyebabkan kerusakan reaksi kimia dan kornea.
Kontak Kulit: Menyebabkan gangguan pada kulit. Dapat menyebabkan sianosis pada ekstremitas.
Tertelan: Dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dengan ditandai mual, muntah dan diare. Dapat menyebabkan keracunan sistemik dengan asidosis. Dapat menyebabkan pusat depresi sistem saraf, yang ditandai dengan kegembiraan, diikuti oleh sakit kepala, pusing, mengantuk, dan mual. Stadium lanjut dapat menyebabkan stroke, pingsan, koma dan kematian mungkin karena kegagalan pernapasan.
Inhalasi: Inhalasi konsentrasi tinggi dapat menyebabkan efek sistem saraf pusat ditandai dengan mual, pusing sakit kepala,, tak sadarkan diri dan koma. Menyebabkan gangguan saluran pernapasan. Dapat menyebabkan efek kecanduan dalam konsentrasi tinggi. Uap dapat menyebabkan pusing atau sesak napas.
Paparan kronis: Dapat menyebabkan efek pada reproduksi dan janin. Percobaan laboratorium telah menghasilkan efek mutagenik. Penelitian pada hewan memiliki melaporkan perkembangan tumor. Kontak yang terlalu lama dapat menyebabkan hati, ginjal, dan kerusakan jantung.
Tindakan Pertolongan Pertama
Kontak Mata: Dapatkan bantuan medis. Lembut mengangkat kelopak mata dan terus menyiram dengan air.
Kontak Kulit: Dapatkan bantuan medis. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Siram kulit dengan banyak sabun dan air.
Tertelan: Jangan dimuntahkan. Jika korban sadar dan waspada, beri 2-4 susu atau air. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang pingsan. Dapatkan bantuan medis.
Inhalasi: Hindari dari paparan dan pindah ke udara segar segera. Jika tidak bernapas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Dapatkan bantuan medis. JANGAN menggunakan mulut ke mulut.
Catatan untuk Dokter: Perlakukan berdasar gejala dan penuh dukungan. Orang dengan kulit atau gangguan mata atau hati, ginjal, penyakit pernapasan kronis, atau pusat dan perifer penyakit sistim saraf mungkin pada peningkatan risiko dari paparan zat ini.
Tindakan Penanggulangan Kebakaran
Informasi Umum: Wadah dapat membangun tekanan jika terkena panas dan atau kebakaran. Seperti dalam api apapun, memakai peralatan pernapasan mandiri di tekanan permintaan, MSHA / NIOSH (disetujui atau setara), dan alat pelindung penuh. Uap dapat membentuk campuran yang dapat meledak dengan udara. Uap dapat melakukan perjalanan ke suatu sumber dari pengapian dan sorot kembali. Akan terbakar jika terlibat dalam api. Flammable Liquid. Dapat melepaskan uap yang membentuk ledakan campuran pada suhu di atas titik nyala api. Gunakan semprotan air untuk menjaga api kontainer terkena dingin. Wadah dapat meledak dalam panasnya api.
Media Pemadam Kebakaran: Untuk kebakaran kecil, gunakan bahan kimia kering, karbon dioksida, semprotan air atau busa tahan-alkohol. Untuk kebakaran besar, gunakan semprotan air, kabut, atau busa tahan-alkohol. Gunakan semprotan air untuk mendinginkan api terpajan kontainer. Air mungkin tidak efektif. JANGAN gunakan aliran lurus air.
Swa-sulut/suhu penyulutan otomatis Suhu: 363 ° C (685,40 ° F)
Titik Nyala: 16,6 ° C (61,88 ° F)
Ledakan Batas, lebih rendah: 3,3% vol.
Ledakan Batas, atas: 19,0% vol
NFPA Rating: (perkiraan) Kesehatan: 2; mudah terbakar: 3; Instabilitas: 0
Terkadang Rilis Tindakan
Informasi Umum: Gunakan peralatan perlindungan pribadi yang layak seperti yang ditunjukkan dalam Bagian 8.
Tumpahan / Kebocoran: Menyerap tumpahan dengan bahan inert (misalnya vermiculite, pasir atau tanah), kemudian masukkan ke dalam wadah yang sesuai. Hapus semua sumber api. Gunakan percikan-bukti alat. Sediakan ventilasi. Sebuah busa uap menekan dapat digunakan untuk mengurangi uap.
Penanganan dan Penyimpanan
Penanganan: Cuci sampai bersih setelah memegang. Gunakan hanya di daerah berventilasi baik. Tanah dan wadah ikatan ketika mentransfer material. Gunakan percikan-bukti peralatan dan perlengkapan ledakan bukti. Hindari kontak dengan mata, kulit pakaian, dan. Kontainer kosong mempertahankan residu produk (cair dan / atau uap) dan dapat berbahaya. Simpan wadah tertutup rapat. Hindari kontak dengan panas, percikan dan nyala api. Hindari konsumsi dan inhalasi. Jangan menekan, potong, las, melas, solder, bor, menggiling, atau mengekspos kontainer kosong untuk panas, percikan atau api terbuka.
Penyimpanan: Jauhkan dari panas, percikan, dan api. Jauhkan dari sumber api. Simpan dalam wadah tertutup. Jauhkan dari kontak dengan oksidasi bahan. Simpan di, daerah sejuk dan kering, berventilasi baik jauh dari zat-zat yang tidak kompatibel. Flammables-daerah. Jangan simpan dekat perchlorates, peroksida, asam kromat atau asam nitrat.
Pengontrolan Pemaparan, Perlindungan Pribadi
Nama kimia: Etanol
ACGIH: 1000 ppm
NIOSH: 1000 ppm TWA
1900 mg/m3 TWA
3300 ppm IDLH

OSHA - Akhir Pels: 1000 ppm TWA
1900 mg/m3 TWA

OSHA - dikosongkan Pels: 1000 ppm TWA
1900 mg/m3 TWA

Kontrol Rekayasa: Gunakan ledakan-bukti peralatan ventilasi. Fasilitas untuk menyimpan atau menggunakan bahan ini harus dilengkapi dengan sebuah obat cuci mata fasilitas dan pancuran keselamatan. Gunakan ventilasi yang cukup umum atau lokal untuk menjaga konsentrasi udara bawah batas yang diperbolehkan diperbolehkan.
Personal Protective Equipment
Mata: Pakailah kacamata pelindung atau kimia kacamata keselamatan seperti yang dijelaskan oleh mata OSHA dan peraturan perlindungan wajah dalam 29 CFR 1910.133 atau Standar Eropa EN166.
Kulit: Pakailah sarung tangan pelindung untuk mencegah pajanan kulit.
Pakaian: Gunakan pakaian pelindung untuk mencegah pajanan kulit.
Respirator: Program perlindungan pernapasan yang memenuhi OSHA 29 CFR itu 1910,134 dan ANSI Z88.2 persyaratan atau Standar Eropa EN 149 harus diikuti setiap kali kondisi tempat kerja menjamin penggunaan respirator itu.
Sifat Fisik dan Kimia
Bentuk: cair Batal
Penampilan: tak berwarna
Bau: ringan, menyenangkan
pH: Tidak tersedia
Tekanan Uap: 59,3 mmHg @ 20 ° C
Kepadatan uap: 1,59
Tingkat Penguapan: Tidak tersedia
Viskositas: 1,200 cP @ 20 ° C
Stabilitas dan Reaktivitas
Kimia Stabilitas: Stabil di bawah suhu normal dan tekanan.
Kondisi untuk Hindari: bahan yang tidak kompatibel, sumber pengapian, kelebihan panas, oksidasi.
Tidak kompatibel dengan Bahan lain: Oksidator kuat, asam, logam alkali, amonia, hidrazin, peroksida, natrium, anhidrida asam, kalsium hipoklorit, klorida chromyl, perklorat Nitrosyl, pentafluoride brom, asam perklorat, perak nitrat, nitrat merkuri, kalium-tert-butoksida, magnesium perklorat, asam klorida, platina, uranium heksafluorida, oksida perak, heptafluoride yodium, bromida asetil, difluorida disulfuryl, tetrachlorosilane air ditambah, asetil klorida, asam permanganic, ruthenium (VIII) oksida, uranil perklorat, kalium dioksida.
Berbahaya Dekomposisi Produk: Karbon monoksida, asap menjengkelkan dan beracun dan gas, karbon dioksida.
Polimerisasi yang Berbahaya: Tidak akan terjadi.
Titik Didih: 78 ° C
Pembekuan / Melting Point: -114,1 ° C
Dekomposisi Suhu: Tidak tersedia
Kelarutan: larut
Spesifik Gravity / Densitas: 0,790 @ 20 ° C
Molecular Formula: C2H5OH
Molekul Berat: 46,0414
Toxilogical Informasi
Karsinogenisitas: ACGIH: A4 - Tidak diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia
Epidemiologi: Etanol telah terbukti menghasilkan fetotoxicity pada embrio atau janin hewan laboratorium. Paparan pralahir untuk etanol adalah yang dikaitkan dengan diciptakan dengan pola yang berbeda dari cacat bawaan yang collecetively telah disebut sebagai "sindrom alkohol janin".
Teratogenisitas: Oral, Manusia - wanita: TDLo = 41 gram / ​​kg (perempuan 41 day (s) setelah pembuahan) Efek pada Bayi - skor Apgar (manusia saja) dan Efek pada Bayi - langkah neonatal lain atau efek dan Efek pada Bayi - ketergantungan obat.
Reproduksi Efek: Intrauterine, Manusia - wanita: TDLo = 200 mg / kg (betina 5 day (s) pra-kawin) Kesuburan - Indeks kesuburan perempuan (misalnya # betina perempuan hamil per positif # sperma; # perempuan hamil per # betina dikawinkan).
Mutagenik: Penghambatan DNA: Manusia, Limfosit = 220 mmol / L.; sitogenetik Analisis: Manusia, Limfosit = 1160 gm / L.; sitogenetik Analisis: Manusia, fibroblast = 12000 ppm; sitogenetik Analisis: Manusia, Leukosit = 1 pph/72H (Continuous); Suster kromatid Bursa:.. Manusia, limfosit- cyte = 500 ppm/72H (Continuous).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berikan komentar yang baik dan sopan serta jangan SPAM!