Asam asetat MSDS


Bagian 1: Produk kimia dan Identifikasi Perusahaan
Nama Produk: Asam asetat
Katalog Kode: SLA3784, SLA1438, SLA2101, SLA3604, SLA1258
CAS #: 64-19-7
RTECS: AF1225000
TSCA: TSCA 8 (b) persediaan: Asam asetat
CI #: Tidak dipakai.
Sinonim: asam asetat, asam asetat glasial
Nama kimia: Acetic Acid, Glacial
Chemical Formula: C2-H4-O2

Bagian 2: Identifikasi Bahaya

Potensi Efek Kesehatan Akut:
Berbahaya jika terkena kulit, mata , terelan, terhirup. Jika terkena gas tersebut dapat mengakibatkan kerusakan jaringan terutama pada selaput lendir mata, mulut dan saluran pernapasan. Tersentuh dengan kulit dapat menghasilkan luka bakar. Terhirup gas tersebut akan menghasilkan iritasi pada saluran pernapasan, yang ditandai dengan batuk, tersedak, atau sesak napas. Radang pada mata ditandai dengan mata kemerahan, penyiraman, dan gatal. Radang kulit yang ditandai dengan gatal, merah pada kulit.
Potensi Efek Kesehatan kronis:
Berbahaya jika terjadi terkena kulit, tertelan, terhirup. Efek mutagenik: mutagenik untuk sel somatik mamalia, mutagenik untuk bakteri dan  ragi. Substansi mungkin beracun untuk ginjal, mukosa, selaput, kulit, gigi. Jika terkena zat ini secara berkelanjutan dapat merusak organ saraf. Terkena dalam waktu yang lama dengan  zat tersebut dapat menghasilkan iritasi mata kronis dan iritasi kulit yang parah, menyebabkan iritasi saluran pernapasan, menyebabkan serangan infeksi bronkus.

Bagian 3: Tindakan Pertolongan Pertama

Mata:
Jika terkena mata segera siram dengan air bersih. Dan hubungi petugas medis segera.
Kulit:
Jika terkena kulit, segera basuh kulit dengan air sedikitnya selama 15 menit. Dapatkan perawatan medis dengan segera.
Terhirup:
Jika terhirup, segera cari tempat yang mengandung udara bersih. Jika pingsan, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Dapatkan medis perhatian segera.
Tertelan:
Diusahakan untuk tidak  memuntahkannya kecuali bila diarahkan oleh petugas medis. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang pingsan. Longgarkan pakaian yang ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Dapatkan bantuan medis jika gejala muncul.

Bagian 4: Api dan Ledakan data

Mudah terbakar Produk: mudah terbakar.
Auto-Ignition Suhu: 463 ° C (865,4 ° F)
Poin Flash: CUP TERTUTUP: 39 ° C (102,2 ° F). CUP OPEN: 43 ° C (109,4 ° F).
Batas mudah terbakar: RENDAH: 4% TINGGI: 19,9%
Produk dari Pembakaran: Produk-produk ini karbon oksida (CO, CO2).
Bahaya Kebakaran di Hadirat Zat Berbagai: Mudah terbakar di hadapan nyala api terbuka dan bunga api, panas. Sedikit mudah terbakar yang mudah terbakar di hadapan oksidasi
bahan, dari logam.
Ledakan di Hadirat Zat Berbagai: Resiko ledakan produk di hadapan dampak mekanis: Tidak tersedia. Resiko ledakan produk di adanya listrik statis: Tidak tersedia. Sedikit eksplosif dalam kehadiran bahan pengoksidasi.
Kebakaran Media Berjuang dan Petunjuk: Mudah terbakar dalam bentuk cair, terlarut atau terdispersi dalam air. KEBAKARAN KECIL: Gunakan bubuk kimia KERING. KEBAKARAN BESAR: Gunakan busa alkohol, semprotan air atau kabut. Keren berisi kapal dengan jet air untuk mencegah tekanan build-up, swa-sulut/suhu penyulutan otomatis atau ledakan.
Keterangan khusus tentang Bahaya Kebakaran:
Bereaksi dengan logam untuk menghasilkan gas hidrogen yang mudah terbakar. Ini akan memicu pada kontak dengan kalium-ters-butoksida. Campuran amonium nitrat dan asam asetat menyatu ketika dihangatkan, terutama jika hangat.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Ledakan: Uap asam asetat memungkinkan membentuk ledakan campuran dengan udara. Reaksi antara asam asetat dan bahan-bahan berikut berpotensi ledakan: 5-azidotetrazole, pentafluoride brom, kromium trioksida, hidrogen peroksida, kalium permanganat, natrium peroksida, dan triklorida phorphorus. Encerkan asam asetat dan encer hidrogen dapat menjalani reaksi eksoterm jika dipanaskan, membentuk asam perasetat yang eksplosif pada 110 C. Reaksi derajat antara klorin trifluorida dan asam asetat sangat keras, kadang-kadang eksplosif.

Bagian 5: Tindakan terhadap tumpahan dan kebocoran

Tumpahan Kecil:
Encerkan dengan air dan mengepel, atau menyerap dengan bahan inert dan tempat kering dalam wadah pembuangan limbah yang baik. Jika diperlukan: Menetralisir residu dengan larutan encer natrium karbonat.
Tumpahan Besar:
Mudah terbakar cair. Korosif cair. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber api. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Jika produk dalam bentuk padat: Gunakan sekop untuk menaruh materi ke dalam wadah pembuangan limbah nyaman. Jika produk dalam bentuk cair: Menyerap dengan bumi KERING, pasir atau non-materi yang mudah terbakar. Jangan sampai air di dalam kontainer. Menyerap dengan bahan inert dan menempatkan bahan yang tumpah dalam pembuangan limbah yang baik. Jangan menyentuh bahan tumpah. Gunakan air semprot tirai untuk mengalihkan melayang uap. Mencegahnya masuk ke dalam selokan, ruang bawah tanah atau daerah terbatas; tanggul jika diperlukan. Meminta bantuan bila dibuang. Menetralisir residu dengan larutan encer natrium karbonat. Hati-hati bahwa produk tidak hadir pada konsentrasi tingkat di atas NAB. Periksa NAB pada MSDS dan dengan pemerintah setempat.

Bagian 6: Penanganan dan Penyimpanan

Tindakan pencegahan:
Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber api. Tanah semua bahan peralatan yang berisi. Jangan menelan. Tahan nafas jika berhadapan dalam bentuk gas / asap / uap / semprotan. Jangan pernah menambahkan air pada produk ini. Dalam hal ventilasi cukup, pakai pernapasan yang sesuai peralatan. Jika tertelan, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Jauhkan dari incompatibles seperti agen oksidasi, mengurangi agen, logam, asam, alkali.
Penyimpanan:
Simpan dalam area terpisah dan disetujui. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan berventilasi cukup. Simpan wadah tertutup rapat dan disegel sampai siap untuk digunakan. Hindari semua sumber-sumber pengapian (percikan atau api).

Bagian 7: Pengontrolan Pemaparan / Perlindungan Pribadi

Rekayasa Kontrol:
Sediakan ventilasi pembuangan atau kendali teknik lain untuk menjaga konsentrasi udara uap di bawah masing-masing ambang batas nilai. Pastikan bahwa obat cuci mata stasiun dan pancuran keselamatan proksimal ke lokasi kerja stasiun.
Pribadi Perlindungan:
Splash kacamata. Sintetis celemek. Uap respirator. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau setara. Sarung tangan (Tahan).
Pribadi Perlindungan di Kasus dari Tumpahan Besar:
Splash kacamata. Penuh sesuai. Uap respirator. Boots. Sarung tangan. Sebuah alat bernafas mandiri contained harus digunakan untuk menghindari inhalasi produk. Pakaian pelindung yang disarankan mungkin tidak cukup; periksakan ke dokter spesialis SEBELUM penanganan produk.
Batas:
TWA: 10 STEL: 15 (ppm) [Australia] TWA: 25 STEL: 27 (mg/m3) [Australia] TWA: 10 STEL: 15 (ppm) dari NIOSH TWA: 25 STEL: 37 (mg/m3) dari NIOSH TWA: 10 STEL: 15 (ppm) [Kanada] TWA: 26 STEL: 39 (mg/m3) [Kanada] TWA: 25 STEL: 37 (Mg/m3) TWA: 10 STEL: 15 (ppm) dari ACGIH (NAB) [Amerika Serikat] [1999] TWA: 10 (ppm) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 25 (mg/m3) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] Konsultasikan otoritas setempat untuk batas pemaparan diterima.

Bagian 8: Sifat Fisik dan Kimia

Keadaan fisik dan penampilan: Cairan.
Bau: pedas, cuka-seperti, asam (Strong.)
Rasanya: Cuka, asam (Strong.)
Berat Molekul: 60,05 g / mol
Warna: tak berwarna. Jelas (Light.)
pH (1% soln / air): [. Asam] 2
Titik Didih: 118,1 ° C (244,6 ° F)
Melting Point: 16,6 ° C (61,9 ° F)
Kritis Suhu: 321,67 ° C (611 ° F)
Spesifik Gravity: 1,049 (Air = 1)
Tekanan Uap: 1.5 kPa (@ 20 ° C)
Kepadatan uap: 2.07 (udara = 1)
Volatilitas: Tidak tersedia.
Bau Threshold: 0,48 ppm
Air / Minyak Dist. . Coeff: Produk ini lebih mudah larut dalam air; log (minyak / air) = -0.2
Ionicity (dalam air): Tidak tersedia.
Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air, dietil eter, aseton.
Kelarutan:
Mudah larut dalam air dingin, air panas. Larut dalam dietil eter, aseton. Larut dengan Gliserol, alkohol, Karbon Benzene, Tetraklorida. Praktis tidak larut dalam disulfida Karbon.

Bagian 9: Stabilitas dan Reaktivitas data

Stabilitas: Produk ini stabil.
Ketidakstabilan Suhu: Tidak tersedia.
Kondisi Ketidakstabilan: Panas, sumber pengapian, bahan yang tidak kompatibel
Ketidakcocokan dengan berbagai zat: Reaktif dengan oksidator, mengurangi agen alkali, logam, asam,.
Korosivitas:
Sangat korosif di hadapan stainless steel (304). Sedikit korosif di hadapan aluminium, tembaga. Non-korosif kehadiran dari stainless steel (316).
Keterangan khusus tentang Reaktivitas:
Bereaksi hebat dengan oksidator kuat, asetaldehida, dan anhidrida asetat. Bahan dapat bereaksi dengan logam, kuat basis, amina, karbonat, hidroksida, fosfat, oksida banyak, sianida, sulfida, asam kromat, asam nitrat, hidrogen peroksida, karbonat. amonium nitrat, amonium tiosulfat, trifluorida klorin, asam klorosulfonat, asam perklorat, permanganates, xilena, oleum, kalium hidroksida, sodium hidroksida, isosianat fosfor, etilendiamin, etilen imina.
Keterangan khusus pada korosivitas: efek korosif Sedang pada perunggu. Tidak ada korosi data pada kuningan
Polimerisasi: Tidak akan terjadi.

Bagian 10: Informasi Toksikologi

Rute masuk: Terserap melalui kulit. Dermal kontak. Kontak mata. Inhalasi. Konsumsi.
Keracunan untuk Hewan:
PERINGATAN: LC50 ATAS NILAI TERTERA DI BAWAH INI ADALAH ESTIMASI BERDASARKAN Sebuah SAMBUNGAN 4-JAM. Oral akut toksisitas (LD50): 3310 mg / kg [Tikus]. Toksisitas kulit akut (LD50): 1060 mg / kg [Kelinci]. Toksisitas akut dari uap (LC50): 5620 1 jam [mouse].
Kronis Efek pada Manusia:
Efek mutagenik: mutagenik untuk sel somatik mamalia. Mutagenik untuk bakteri dan / atau ragi. Dapat menyebabkan kerusakan berikut organ: ginjal, selaput lendir, kulit, gigi.
Lain Beracun Efek pada Manusia:
Sangat berbahaya jika terjadi inhalasi (korosif paru). Sangat berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritan), menelan. Berbahaya jika terjadi kontak kulit (korosif, permeator), kontak mata (korosif).
Keterangan Khusus tentang Keracunan untuk Hewan: Tidak tersedia.
Keterangan khusus pada Efek kronis pada Manusia: Dapat mempengaruhi materi genetik dan dapat menyebabkan efek reproduksi berdasarkan data hewan. Tidak ada data manusia ditemukan.
Keterangan khusus pada Efek toksik lainnya pada Manusia:
Efek Kesehatan Akut Potensi: Kulit: Sangat menjengkelkan dan korosif. Menyebabkan gangguan pada kulit (memerah dan gatal, peradangan). Dapat menyebabkan terik, kerusakan jaringan dan luka bakar. Mata: Sangat menjengkelkan dan korosif. Menyebabkan iritasi mata,
lakrimasi, kemerahan, dan nyeri. Dapat menyebabkan luka bakar, penglihatan kabur, konjungtivitis, kerusakan kornea dan konjungtiva dan permanen cedera. Penghirupan: Menyebabkan iritasi saluran pernapasan parah. Mempengaruhi organ arti (hidung, telinga, mata, rasa), dan darah. Dapat menyebabkan pneumonitis kimia, bronkitis, dan edema paru. Eksposur parah dapat menyebabkan jaringan paru-paru kerusakan dan korosi (ulkus) pada selaput lendir. Inhalasi juga dapat menyebabkan rhinitis, bersin, batuk, menindas perasaan dalam nyeri dada atau dada, dyspnea, mengi, takipnea, sianosis, air liur, mual, pusing, otot kelemahan. Tertelan: Cukup beracun. Korosif. Menyebabkan gangguan saluran pencernaan (pembakaran dan rasa sakit dari mulut, tenggorokan, dan perut, batuk, ulserasi, perdarahan, mual, kejang abdomial, muntah, hematemesis, diare. Juga dapat mempengaruhi hati (gangguan fungsi hati), perilaku (kejang-kejang, giddines, kelemahan otot), dan saluran kemih sistem - ginjal (hematuria, Albuminuria, nephrosis, gagal ginjal akut, nekrosis tubular akut). Juga dapat menyebabkan dispnea atau asfiksia. Juga dapat menyebabkan syok, koma dan kematian. Efek Kesehatan kronis Potensi: Paparan kronis melalui konsumsi dapat menyebabkan menghitam atau erosi pada gigi dan rahang nekrosis, faringitis, dan gastritis. Ini mungkin juga perilaku (mirip dengan akut konsumsi), dan metabolisme (berat badan). Paparan kronis melalui inhalasi dapat menyebabkan asma dan / atau bronkitis dengan batuk, dahak, dan / atau sesak napas. Hal ini juga dapat mempengaruhi darah (leukosit menurun count), dan sistem kemih (ginjal). Kontak kulit berulang atau berkepanjangan dapat menyebabkan penebalan, menghitam, dan cracking kulit.

Bagian 11: Informasi Ekologi

Ekotoksisitas:
Ekotoksisitas dalam air (LC50): 423 mg / l 24 jam [Ikan (Goldfish)]. 88 ppm 96 jam [Ikan (ikan kecil orang bodoh)]. 75 ppm 96 jam [Ikan (bluegill sunfish)]. > 100 ppm 96 jam [Daphnia].
BOD5 dan COD: BOD-5: 0,34-0,88 g oksigen / g
Produk Biodegradasi:
Produk jangka pendek mungkin berbahaya degradasi tidak mungkin. Namun, jauh produk degradasi jangka mungkin timbul.
Toksisitas atau Produk dari Biodegradasi: Produk dari degradasi kurang beracun dari produk itu sendiri.
Keterangan khusus pada Produk Biodegradasi: Tidak tersedia.
Bagian 12: Pertimbangan Pembuangan

Limbah Pembuangan:
Limbah harus dibuang sesuai dengan federal, negara bagian dan lokal peraturan pengendalian lingkungan.

Bagian 14: Transportasi Informasi

KELAS 3: Cairan mudah terbakar. Kelas 8: Bahan Korosif
Identifikasi Asam :: asetat, Unna Es: 2789 PG: II
Ketentuan Khusus untuk Transportasi: Tidak tersedia.
Bagian 15: Informasi Peraturan Lainnya
Federal dan Negara Peraturan:
New York rilis pelaporan daftar: Asam asetat Rhode Island RTK berbahaya zat: asam asetat Pennsylvania RTK: Acetic asam Florida: Asam asetat Minnesota: Asam asetat Massachusetts RTK: Asam asetat New Jersey: Asam asetat California Direktur Daftar zat Berbahaya (8 CCR 339): asam asetat TSCA 8 (b) persediaan: CERCLA Asam asetat: zat Berbahaya.: Asam asetat: 5000 lbs. (2.268 kg)
Peraturan lainnya:
OSHA: Berbahaya oleh definisi Hazard Komunikasi Standar (29 CFR 1910.1200). EINECS: Produk ini pada Eropa Inventarisasi ada Zat Kimia Komersial.
Klasifikasi Lain:
WHMIS (Kanada):
KELAS B-3: Cairan mudah terbakar dengan titik nyala antara 37,8 ° C (100 ° F) dan 93,3 ° C (200 ° F). KELAS E: Cairan Korosif.
Dscl (MEE):
R10-mudah terbakar. R35-Menyebabkan luka bakar parah. S23-Jangan menghirup gas / asap / uap / spray [***] S26-Jika terjadi kontak dengan mata, segera bilas dengan banyak air dan dapatkan bantuan medis. S45-Jika terjadi kecelakaan atau jika merasa tidak sehat, segera saran medis (tunjukkan label jika memungkinkan).
HMIS (AS):
Kesehatan Bahaya: 3
Kebakaran Bahaya: 2
Reaktivitas: 0
Perlindungan Pribadi: H
National Fire Protection Association (AS):
Kesehatan: 3
Mudah terbakar: 2
Reaktivitas: 0
Spesifik bahaya:
Alat Pelindung:
Sarung tangan (tahan). Sintetis celemek. Uap respirator. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau setara. Memakai
sesuai respirator ketika ventilasi tidak memadai. Splash kacamata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berikan komentar yang baik dan sopan serta jangan SPAM!